LKPD BAB I. KEANEKARAGAMAN HAYATI
(Tipe Keanekaragaman Hayati)


Pertemuan 1

      Nama Sekolah                      : SMA Negeri Ngoro Jombang

      Mata Pelajaran                        : Biologi

      Fase/Kelas/ Semester            : 10 / 1

Alokasi Waktu                      : 2 x 45 menit

Materi                                   : Tipe Keanekaragaman Hayati

 

A. Tujuan Pembelajaran

Dengan pengamatan lingkungan di sekitar sekolah peserta didik dapat mengindentifikasi 
Tipe Keanekaragaman Hayati (Biodiversitas) dengan tepat

B. Alat dan Bahan
Alat
1. Hp
2. Pulpen / spidol
3. Buku
 
Bahan/ Sumber Pembelajaran
Hewan, tumbuhan dan lingkungan sekitar sekolah/ rumah

Link youtube: https://youtu.be/0sl__KjwFVw?si=PKltefxRonJT-0Au   

C Langkah Kerja

1. Buatlah kelompok dengan anggota maksimal 5 orang!

2. Amati bermacam-macam hewan dan tumbuhan yang ada disekitarmu! (misal: macam-macam mangga, bunga kertas, jambu, padi, ikan koi, bunga bougenville). Adakah persamaan dan perbedaan? 

3. Amati bermacam-macam hewan dan tumbuhan yang ada disekitarmu! (misal: kelompok tanaman palem, tanaman bambu, jambu, unggas, anggrek, rumput-rumputan). Adakah persamaan dan perbedaan? 

4. Amati bermacam-macam ekosistem yang ada di sekitarmu! Perhatikan komponen biotik dan abiotiknya?

5. Catat dan dokumentasikan hasil pengamatanmu 

6. Berdasarkan studi literatur, kelompokkan hasil pengamatanmu ke dalam tingkat-tingkat keanekaragaman hayati!

7. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Keanekaragaman Hayati/ Biodiversitas!

8. Susunlah hasil pengamatanmu dalam bentuk laporan praktikum, ppt, video singkat, essay, poster atau infografis

 

D.  Hasil Pengamatan

No

Nama Tumbuhan

Persamaan ciri-ciri

Perbedaan ciri-ciri

Ket

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


No

Nama Hewan

Persamaan ciri-ciri

Perbedaan ciri-ciri

Ket

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



No

Nama Ekosistem

Ciri-ciri lingkungan

Komponen Abiotik

Komponen Biotik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 







E.   Pertanyaan dan Diskusi

1.   Sebutkan perbedaan dan persamaan dari macam bunga mawar atau macam buah mangga atau subyek yang kamu amati!

2.   Apakah persamaan dan perbedaan tersebut membuat macam mawar / macam mangga dimasukkan dalam satu spesies?

3.   Keanekaragaman …….. pada bunga mawar/mangga merupakan keanekaragaman tingkat ..

4.   Sebutkan perbedaan dan persamaan dari kacang tanah, kacang merah, kacang hijau dan kacang kedelai !

5.   Apakah perbedaan dan persamaan kacang menyebabkan kacang dimasukkan ke dalam satu jenis atau satu famili?

6.   Keanekaragaman …… dan ……. pada kacang tanah, kacang hijau, kacang merah dan kacang kedelai merupakan keanekaragaman tingkat……

7.   Sebutkan faktor abiotik dan biotik pada ekosistem yang kamu amati !

8.   Menurut kalian, apakah terdapat hubungan antara faktor biotik dan abiotik?

9.   Adanya hubungan timbal balik anatara faktor . Dan faktor . menyebabkan ekosistem ………. Termasuk ke dalam keanekaragaman tingkat.......................

10. Sebutkan jenis-jenis ekosistem!


F.   Kesimpulan




Comments